fbpx
Pulau Harapan

5 Contoh Program CSR Perusahaan

Apa itu CSR? Bagaimana contoh program CSR perusahaan?

Setiap kegiatan atau aktivitas pasti memiliki dampak tersendiri, baik positif maupun negatif. Begitu juga dengan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan, khususnya yang melibatkan Sumber Daya Alam (SDA).  Maka dari itu, perusahaan wajib melakukan kegiatan CSR.

Namun, apa sebenarnya CSR?

CSR adalah singkatan dari Corporate Social Responsibility. Semua perusahaan yang aktivitasnya melibatkan SDA wajib melakukan CSR. Hal ini sudah diatur loh dalam Undang-Undang! Tepatnya di Undang Undang Perseroan Terbatas (UUPT) Pasal 74 Ayat (1). Dalam melakukan CSR, hal yang paling penting adalah dampak positif yang bisa Anda berikan untuk masyarakat maupun alam. Hal inilah yang terkadang membuat perencanaan kegiatan CSR menjadi rumit.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Bumi Journey telah merangkum 5 Contoh Program CSR Perusahaan sesuai jenisnya. Setiap contoh juga dilengkapi dengan rekomendasi program yang bisa Anda pilih.

Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Cause Promotion

Contoh program CSR perusahaan yang pertama adalah Cause Promotion. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap suatu isu, khususnya lingkungan. Cause Promotion cocok bagi Anda yang ingin melakukan kegiatan CSR secara singkat, sederhana, tetapi tetap impactful. Anda hanya perlu memberikan donasi tanpa harus terjun langsung mengikuti kegiatan sosialnya.

Salah satu contohnya adalah program Rehabilitasi Mangrove di Bintan oleh CarbonEthics. Dengan mendanai program ini, Anda membantu mempromosikan edukasi tentang iklim, serta mendukung pembangunan bank sampah. Selain itu, program ini juga mendorong pemberdayaan perempuan setempat melalui kegiatan pembuatan batik. Jadi, contoh program CSR perusahaan ini tidak hanya memberikan dampak positif bagi alam, tetapi juga bagi masyarakat setempat.

Nah, lalu bagaimana jika perusahaan Anda ingin terlibat langsung dalam kegiatannya?

Anda juga bisa mengikuti program Rehabilitasi Mangrove di Kepulauan Seribu bersama CarbonEthics. Dengan mendanai program ini, Anda memiliki kesempatan untuk mengikuti eco-trip ke Kepulauan Seribu yang akan dieksekusi langsung oleh tim Bumi Journey yang merupakan tim khusus di CarbonEthics. Di eco-trip ini, Anda bersama karyawan-karyawan Anda akan terjun langsung menanam mangrove sambil mempelajari tentang perubahan iklim.

2. Corporate Social Marketing

Sebenarnya, contoh yang satu ini hampir sama dengan Cause Promotion. Tujuannya sama-sama meningkatkan kesadaran masyarakat tentang suatu permasalahan. Akan tetapi, corporate social marketing juga berfokus pada revenue atau pendapatan.

Salah satu contoh kegiatannya adalah kampanye di media sosial. Perusahaan dapat melakukan kampanye lingkungan atau sosial sambil mempromosikan produk atau jasa yang mereka jual. Contohnya seperti kampanye “Serap Jejak Karbonmu” yang dilakukan oleh Garnier Indonesia bersama CarbonEthics dan Shopee Indonesia.

Kampanye ini memberikan kesempatan bagi siapapun untuk berkontribusi pada penanaman mangrove di Pulau Bintan. Caranya dengan membeli produk Garnier sejumlah 100 ribu. Dengan begitu, perusahaan tidak hanya memberikan dampak positif bagi lingkungan, tetapi juga meraih revenue.

Contoh kampanye lainnya adalah #SmallActsofLove yang diinisiasikan oleh Love Beauty & Planet Indonesia. Setiap pembelian produk edisi Clean Oceans akan didonasikan pada penanaman koral di Pulau Pramuka.

Seperti kampanye lingkungan di atas, perusahaan Anda juga bisa turut berkontribusi untuk kebersihan dan keindahan laut. Namun, jika Anda memiliki goals atau preferensi tersendiri, kami siap membantu Anda untuk mencapai tujuan tersebut. Let CarbonEthics know more about your goals here.

3. Rehabilitasi Alam

Tahukah Anda bahwa butuh waktu 60 tahun untuk memulihkan lahan kritis di Indonesia?

Lahan kritis ini terjadi karena adanya alih fungsi dan degradasi lahan, contohnya seperti di Kabupaten Bekasi. Per 2017, hanya tersisa 48.000 hektar lahan pertanian. Hal ini disebabkan karena alih fungsi lahan menjadi kawasan industri ataupun perumahan. Maka dari itu, perusahaan wajib melakukan kegiatan CSR. Salah satunya bertanggung jawab kepada alam melalui program rehabilitasi.

Rehabilitasi alam adalah contoh program csr perusahaan yang berupaya untuk memulihkan dan mempertahankan kondisi alam. Anda sebagai perusahaan bisa melakukan rehabilitasi lewat berbagai macam kegiatan. Contohnya seperti reboisasi, pengayaan tanaman, pemeliharaan hutan, serta penanaman bakau.

Di Indonesia, kegiatan penanaman bakau mulai banyak dilakukan oleh perusahaan, salah satunya Allianz Indonesia. Melalui trip ke Pulau Harapan, Allianz Indonesia bersama Bumi Journey berhasil menanamkan 3,000 pohon mangrove. Selain belajar tentang pembibitan dan penanaman pohon mangrove, 168 karyawan Allianz Indonesia juga mendapatkan edukasi tentang kondisi iklim di Indonesia saat ini. Khususnya manfaat pohon mangrove yang bekerja lebih efektif daripada pohon di daratan.

mangrove rehabilitation

Jika Anda menginginkan kegiatan CSR dengan durasi waktu yang lebih singkat dan lokasi yang lebih dekat, maka trip Mangrove Adventure: Race to Net Zero! di Mangrove Ecotourism PIK ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Selain mendukung konservasi mangrove, Anda juga akan belajar tentang climate change dan cara mencapai net zero melalui serangkaian permainan kelompok yang menyenangkan. Selain CSR, trip ini bisa menjadi sarana outing yang mempererat hubungan antar anggota tim!

Penanaman mangrove di atas bisa menjadi salah satu opsi kegiatan CSR perusahaan Anda. Melalui trip ke Pulau Harapan dan Mangrove Adventure: Race to Net Zero, Anda tidak hanya bertanggung jawab kepada alam, lho! Anda juga bertanggung jawab kepada masyarakat lokal dengan turut meningkatkan perekonomian setempat.

Pulau-Harapan_2

4. Pengolahan Limbah

Pernah dengar tentang jumlah limbah yang dihasilkan Indonesia?

Tahun lalu, ada sebanyak 60 juta ton limbah B3 (Bahan Berbahaya Beracun) yang dihasilkan oleh Indonesia. Sebagian besar limbah ini berasal dari perusahaan manufaktur. Hal ini adalah salah satu alasan mengapa perusahaan diwajibkan untuk melakukan kegiatan CSR.

Jika perusahaan Anda bergerak di bidang manufaktur, pengolahan limbah adalah contoh program CSR perusahaan yang tepat. Sebagai contoh, Anda dapat mengikuti program Rehabilitasi Mangrove di Kepulauan Seribu bersama CarbonEthics.

Selain kunjungan ke Kepulauan Seribu untuk menanam pohon mangrove, program ini juga mendukung pembangunan bank sampah. Di bank sampah ini, terdapat pelatihan bersama komunitas setempat untuk memilah dan mengolah sampah sebelum nantinya didaur ulang.

Jika Anda ingin melakukan program CSR sekaligus team-bonding bersama karyawan, trip ke Gili Trawangan Lombok sangat cocok untuk Anda. Di trip ini, Anda akan mendapatkan pengalaman snorkeling, menikmati keindahan Gili Trawangan, sambil berkontribusi pada pengolahan limbah setempat.

Selain mengunjungi local recycling center untuk mengolah limbah, Anda juga akan menikmati sesi snorkeling sambil mengamati restorasi terumbu karang. Di sepanjang trip ini, Bumi Journey dengan senang hati memberikan edukasi tentang iklim, limbah, serta restorasi terumbu karang.

Gili Trawangan Lombok Trip sejatinya ditujukan untuk solo maupun group trip. Namun, Bumi Journey sangat terbuka bagi Anda yang tertarik melakukan program CSR melalui trip ini.

Contact us here!

Pengolahan-Limbah_2

5. Community Volunteering

Contoh program CSR perusahaan yang terakhir adalah kegiatan sukarela. Kegiatan ini melibatkan karyawan-karyawan Anda untuk menjadi relawan sosial. Tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat maupun keberlangsungan lingkungan.

Sedikit fakta menarik: kegiatan sukarelawan dapat meningkatkan produktivitas karyawan sampai dengan 17%!

Karyawan yang produktif pastinya memiliki sense of belonging yang lebih kuat kepada perusahaan. Dengan begitu, tingkat turnover (perputaran karyawan) dapat menjadi lebih rendah.

Lalu, apa saja kegiatan volunteering yang dapat dilakukan perusahaan?

Sebagai contoh, Anda dapat mengikuti Lampung 2 Weeks Volunteering Program bersama Bumi Journey. Di program ini, Anda akan mengunjungi desa Braja Harjosari sambil mengajarkan bahasa Inggris secara sukarela kepada penduduk setempat, khususnya anak-anak.

Selama dua minggu, Anda akan hidup berdampingan dengan warga setempat. Mulai dari tinggal di rumah penduduk, membantu pengolahan sampah, mengunjungi pusat konservasi satwa liar, hingga berkebun.

Nah, di atas adalah 5 contoh program CSR perusahaan yang bisa Anda pilih. Perlu diingat, setiap perusahaan wajib melakukan CSR. Ini adalah bentuk pertanggungjawaban serta kontribusi sosial terhadap masyarakat maupun lingkungan.

Maka dari itu, yuk maksimalkan positive impacts pada program CSR Anda! Bersama Bumi Journey, program CSR perusahaan Anda akan menjadi lebih sustainable dan impactful, baik dari aspek sosial maupun lingkungan.

Dengan senang hati, kami akan membantu Anda merancang program CSR yang fun, engaging, memorable, dan tentunya sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Share this via:

Leave a Reply

Note: Comments on the web site reflect the views of their authors, and not necessarily the views of the bookyourtravel internet portal. You are requested to refrain from insults, swearing and vulgar expression. We reserve the right to delete any comment without notice or explanations.

Your email address will not be published. Required fields are signed with *